Selasa, 18 November 2008

JEniZzs" bAHaSa peMRoGgaMan

"BaHAsSa peMRoGgaMaN"

-deFeeNeeSeeY :

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.

-eXamPLe:
Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Contoh bahasa pemrogaman adalah bahasa FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++.

"JeNiss-JeNiss BaHAsSa peMRoGgaMaN"


a.Bahasa Mesin
Bahasa mesin adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer.
Bahasa mesin sering juga disebut native code(sangat tergantung pada mesin tertentu). Bahasa ini merupakan bahasa level terendah dan berupa kode biner: 0 dan 1.
Sekumpulan instruksi dalam bahasa mesin dapat membentuk microcode(semacam prosedur dalam bahasa mesin).
Contoh:
untuk mesin IBM/370
0001100000110101 = 1835 yang berarti mengkopikan isi register 5 ke register 3

Keuntungan: Eksekusi cepat
Kerugian: Sangat sulit dipelajari manusia

b.Bahasa Assembly (mnemonic code)Bahasa assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin.
Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa assembly. Misalnya ADD untuk penjumlahan, MUL untuk perkalian, SUB untuk pengurangan, dan lain-lain.
Sekumpulan kode-kode bahasa assembly dapat membentuk makroinstruksi.
Bahasa assembly juga memiliki program pen-debug-nya, tidak seperti bahasa mesin. Misalnya: Turbo Assembler dan debug pada DOS. Assembler akan mencocokkan token simbol dari awal s/d akhir, kemudian dikodekan menjadi bahasa mesin.

Kelebihan: Eksekusi cepat, masih bisa dipelajari daripada bahasa mesin, file hasil sangat kecil
Kekurangan: Tetap sulit dipelajari, program sangat panjang.


c.Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)Bahasa ini lebih dekat dengan bahasa manusia. Bahasa inilah yang akan dibahas pada matakuliah ini.
Bahasa ini juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program, misalnya: variabel, tipe data, konstanta, struktur kontrol, loop, fungsi, prosedur dan lain-lain. Contoh: Pascal, Basic, C++, dan Java.
Mendukung information hiding, enkapsulasi, dan abstract data type.
Bahasa Tingkat tinggi memiliki generasi, misalnya generasi ke-3 (Pascal, C/C++) dan generasi ke-4 (Delphi, VB, VB.NET,Visual Foxpro)

Keuntungan:
-Mudah dipelajari
-Mendekati permasalahan yang akan dipecahkan-Kode program pendek
Kerugian: Eksekusi lambat

Tidak ada komentar: